Selasa, 24 Juni 2014

UNSUR HARA KALIUM DAN PERANANANNYA PADA JAGUNG

Fungsi unsur hara Kalium yang paling penting di tanaman adalah dapat mengaktifkan setidaknya ada 80 enzim yang mengatur laju reaksi pertumbuhan tanaman utama. K juga mempengaruhi efisiensi penggunaan air pada tanaman. Unsur hara Kalium (K) yang beredar di pasaran dalam bentuk pupuk yaitu adalah : KCL, ZK dll, atau N P K yang didalamnya sudah terdapat unsur Kalium (K).

FUNGSI UNSUR KALIUM (K) 
-Memperlancar fotosintesa, -mengatur buka tutup stomata -mengatur distribusi air dalam sel dan jaringan. -Membantu pengangkutan gula dari untuk pembentukan protein dan karbohidrat, -Mengeraskan jerami / batang tanaman, -Meninggikan kualitas hasil yang berupa bunga dan buah (rasa dan warnanya), -Meningkatkan resistensi tanaman terhadap gangguan hama, penyakit dan kekeringan, -Pada tanaman, unsur K terkumpul pada titik tumbuh dan berperan mempercepat pertumbuhan jaringan meristimatik.

AKIBAT KEKURANGAN KALIUM (K) 
-Kalium satu dari 6 unsur hara makro yang tbersifat mobile ditanaman, Kekurangan Kalium dapat terdeteksi dari daun paling bawah, daun mengerut & menguning klorosis, timbul bercak-bercak merah coklat, lalu kering dan mati -Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil, -Tanaman mudah patah dan rebah, -Bunga mudah rontok dan rentan terhadap serangan penyakit -Daun awalnya mengkerut dan mengkilap, selanjutnya dibagian ujung dan tepi daun mulai terlihat warna kekuningan yang menjalar diantara tulang daun. Kemudian tampak bercak-bercak merah coklat dan akhirnya daun mati, -buah mudah gugur. (Larry Zibilske, Ph.D, 2012)

TANDA-TANDA KEKURANGAN UNSUR KALIUM : 
-Gejala nampak pada daun bagian bawa, daun berwarna kuning, bagian pinggir biasanya berwarna coklat seperti terbakar, tulang daun tetap hijau -Gejala warna kuning membentuk huruf “V” terbaik, -Kadang – kadang Deficienci pada K muncul dengan bercak pada sepanjang tepian daun tanaman jagung -tanaman jagung kekurangan menunjukkan klorosis sepanjang tepi daun dan ujung daun yang lebih tua, lalu menyebar ke atas -kekurangan K, daun klorosis marjinal dan nekrosis mulai dari ujung daun -Kekurangan K pada buah jagung mengakibatkan buah jagung tidak terisi secara penuh pada tongkol. Meskipun serapan K bervariasi dengan tanaman berbeda, K relative lebih tahan tersimpan di tanah, karena tanah K tidak bergerak banyak, kecuali di pasir atau tanah organik.

AKIBAT KELEBIHAN UNSUR KALIUM (K) 
Kelebihan Unsur Kalium menyebabkan penyerapan Unsur Ca dan Mg terganggu. Pertumbuhan tanaman terhambat. sehingga tanaman mengalami defisiensi Unsur Mikro Ca dan Mg terganggu, padahal unsur Ca & Mg sendiri sangat dibutuhkan meski dalam jumlah yang kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar