Selasa, 24 Juni 2014

PENGARUH UNSUR HARA NITROGEN PADA JAGUNG

Unsur N (Nitrogen) dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah yang besar merupakan unsur hara yang digunakan tanaman untuk pertumbuhan tanaman sehingga dalam memenuhi unsur N tersebut dilakukan pemberian pupuk yang mengandung Nitrogen misalnya Urea, ZA dll Tidak hanya digunakan dalam pertumbuhan tanaman unsur N tetapi dalam diferensiasi biji untuk perkembangan generatif tanaman (Ryan et al, 2009). Urea juga memiliki kandungan unsur N tinggi sehingga pemberian pupuk Urea ini dilakukan saat tanaman melakukan pertumbuhan vegetatif tetapi dalam melakukan pemupukan harus memperhatikan waktu, dosis pupuk yang diberikan, musim dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efektivitas pemberian pupuk ke tanaman.

FUNGSI NITROGEN (N) 
- Merangsang pertumbuhan vegetatif yaitu menambah tinggi tanaman dan merangsang tumbuhnya anakan, - Membuat tanaman menjadi lebih hijau karena banyak mengandung butir-butir hijau daun yang penting dalam fotosintesa. - Merupakan bahan penyusun khlorofil daun, protein, dan lemak. Tetapi bila diberikan N terlalu banyak ke dalam tanah dapat menhambat pembungaan dan pembuahan. - Nitrogen sebagai bahan fotosintesis, protein dan asam amino yang berperan dalam pembentukan sel, jaringan juga organ tanaman. Pada fase pertumbuhan vegetatif kebutuhan tanaman akan N sangat tinggi.

AKIBAT KEKURANGAN NITROGEN 
Defisiensi N menyebabkan daun tanaman jagung klorosis hijau kekuningan. Nitrogen bersifat mobile, maka gejala dimulai pada yang lebih tua (daun paling bawah), daun yang lebih rendah dan akan bergerak naik ke daun bagian atas tanaman jika kekurangan terus berlanjut. Gejala khas muncul pada daun yang menguning berbentuk “V”, mulai dari ujung dan maju ke pelepah menuju dasar daun. Kondisi ini disukai oleh tanah jenuh, tanah kering dan miskin N Tak hanya pada daun, pada buah tanaman jagung juga unsur Nitrogen mempunyai peranan yang sangat penting sebagai bahan penyusun khlorofil daun, protein, dan lemak. Eric Miller, R.L. (Bob) Nielsen, and Jim Camberato( 2011). Dari hasil penelitian menunjukkan besaran takaran dan waktu pemberian pupuk N memberikan pengaruh pada buah jagung Tanaman jagung yang kekurangan unsur N buah jagung tidak terisi sepenuhnya pada tongkol jagung. biji yang dihasilkan juga kecil – kecil sebagai akibat dari proses protein yang tidak sempurna.

AKIBAT KELEBIHAN UNSUR NITROGEN : 
Tak hanya kekurangan, kelebihan unsur hara N pada jagung mengakibatkan jagung lambat berbuah, karena terpacu pada pertumbuhan vegetatif ini di tandai dengan warna daun terlalu hijau, tanaman rimbun dengan daun. Tanaman berbuah tetapi sedikit, biji yang dihasilkan kecil dan ringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar